Dampak Optimasi Logistik Terhadap Penjualan UKM pada Marketplace Shopee

Penulis

  • Geri Ramadani Universitas Malikussaleh Penulis
  • Harapan Parulian Saragi Universitas Malikussaleh Penulis
  • Sri Meutia Universitas Malikussaleh Penulis

Kata Kunci:

Kinerja Penjualan, Optimasi Logistik, Shopee

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana usaha kecil dan menengah (UKM) yang beroperasi di Shopee Indonesia berhubungan dengan kinerja penjualan dan optimasi logistik. Dengan menggunakan pendekatan metode campuran dalam penelitian ini, wawasan kualitatif dari wawancara yang dilakukan dengan UKM menunjukkan tantangan yang dihadapi oleh UKM, seperti kendala keuangan dan kurangnya kesadaran, sambil juga menunjukkan manfaat dari logistik yang efisien, yang meningkatkan kepuasan pelanggan, loyalitas, dan penjualan. Hasil kualitatif ini diperkuat oleh analisis kuantitatif karena ada korelasi yang signifikan secara statistik. Persentase adopsi Optimasi logistik menunjukkan bahwa UKM proaktif dalam menyederhanakan operasi mereka. Data dampak keuangan menunjukkan berbagai hasil yang dialami UKM, dengan sebagian besar melaporkan peningkatan profitabilitas yang signifikan. Pemahaman menyeluruh tentang masalah, strategi, dan hasil Optimasi logistik dapat dicapai melalui integrasi wawasan kuantitatif dan kualitatif.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-15

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Dampak Optimasi Logistik Terhadap Penjualan UKM pada Marketplace Shopee . (2024). Jurnal Sains Masyarakat, 1(1), 21-28. https://jurnal.transdi.or.id/index.php/jsm/article/view/8